Cara Record Transaksi MYOB

Record Transaksi ke MYOB?IT EASY! 
Understand the step and do it.

Pengeluaran kas selain pembelian barang dagang maka caranya:
Pilih fitur Banking -> Spend money
Hilangkan tanda centang pada kotak Tax Inclusive.

jika kita mengeluarkan yang relatif besar dan ketentuan prusahaan harus menggunakan Cash in Bank tidak menggunakan Petty Cash. Maka pastikan Account terisi dengan Cash in Bank dan isikan amount sesuai angka yang akan anda masukan. Untuk Cheque no. , Date, dll silahkan isi sesuai dengan faktur.

Kemudian apabila transaksi nya relatif rendah maka menggunakan Petty Cash, caranya ubah Account menjadi Petty Cash pada jendela Spend Money tadi
Kemudian untuk melihat jurnal sementara bisa di lihat dengan cara tekan  Ctrl + R
Klik Record

Pembelian barang dagang secara kredit maka caranya :
Pilih fitur Purchases -> Enter Purchases

Ubah formulir dengan cara pilih Layout di bagian bawah dan pilih item. Klik OK.
Pilih Nama Supplier sesuai dengan yang tertera di faktur.
Isi Terms dengan termin yang tertera pada faktur contohnya seperti n/30
Isi kolom Bill dengan kuantiitas barang yang di beli. Tekan tombol Tab sempai muncul daftar barang. Selanutnya, isi harga beli di kolom price.
Nilai pada Balance Due harus sama dengan jumlah yang ada pada faktur
Kemudian untuk melihat jurnal sementara bisa di lihat dengan cara tekan  Ctrl + R
Klik Record

Retur pembelian barang dagang maka caranya :
Pilih fitur Purchases -> Enter Purchases

Pilih Nama Supplier yang tertera pada bukti transaksi
Isi term dengan COD (Cash on Day )
Isi kolom Bill dengan jumlah barang yang di retur dan tambahkan tanda minus (-) di depannya.
Tekan tombol Tab sampai muncul daftar barang
Isi kolom price sesuai dengan harga barang
Nilai pada balnce due harus sama dengan nilai pada bukti transaksi.
Klik Record -> Register.
Pilih Return & Debits  -> Apply to Purchases
Isi nomor nota kredit dan tanggal nota kredit
Tekan tombol tab sehingga Out of Balance nya menjadi Rp0,00
Kemudian untuk melihat jurnal sementara bisa di lihat dengan cara tekan  Ctrl + R
Klik Record.

Penjualan secara kredit, maka caranya :
Pilih fitur Sales-> Enter Sales

Ganti layout yang sebelumnya service menjadi  Item
Ubah Term sesuai termin di bukti transaksi
Isi kolom Ship, Item Number, Description, dan Price sesuai yang tertera pada bukti transaksi.
Kemudian untuk melihat jurnal sementara bisa di lihat dengan cara tekan  Ctrl + R
Klik Record

Retur penjualan, maka carannya :
Pilih fitur Sales -> Enter Sales

Pilih Nama Customer sesuai dengan bukti transaksi
Isi nomor nota kredit dan tanggal nota kredit
Pengisian kuantitas barang retur harus dimulai dengan tanda minus (-)
Isi pada baris Balance Due harus menunjukan nilai yang sama besar dengan bukti transaksi 
Untuk memasukan akun sales return ke dalam jurnal, klik tanda (->) pada masing-masing item. Kemudian ubah akun Sales menadi Sales Return. Klik OK
Klik Record -> Register -> Returns & Credit -> Apply to Sale
Isi nomor nota dan tanggal nota sesuai dengan yang tertera pada nota. Klik Amount Applied pada baris tanggal faktur yang diretur. Pastikan Out of Opening Balance Rp0,00. 
Kemudian untuk melihat jurnal sementara bisa di lihat dengan cara tekan  Ctrl + R
Klik Record -> Close

Pembayaran hutang kepada Supplier/Pemasok, maka caranya :
Pilih fitur Purchases -> Pay Bills

Pastikan Account terisi dengan akun Cash in Bank
Pilih Nama Supplier
Isi Cheque No, Date, dan Amount sesuai dengan bukti transaksi.
Tekan Tab terus menerus sehingga Out of Balance menjadi Rp0,00
Klik Record.
Untuk mengetahui jurnal sementara, tekan Ctrl + R

Penjualan tunai, maka caranya :
Pilih fitur Sales -> Enter Sales 
Kemudian Klik Customer -> New . ketik pada kolom Last Name ; Penjualan Tunai dan pada kolom Card ID isikan kode yang ada Inginkan atau yang tertera di soal. Selanjutnya klik OK.
Isi term dengan COD (Cash on Day )
Hilangkan tanda centang pada Tax Inclusive 
Isi No. Faktur dan tanggal faktur sesuat yang tertera pada faktur
Isi jumlah barang dengan yang di jual pada kolom Ship
Tekan Tombol Tab -> pilih nama barang dan isi harga jual pada kolom Price
Nilai pada Balance Due harus sama dengan nilai faktur .
klik Record -> Register -> Payment. Isi Amount Received sejumlah nilai faktur dan Payment Method : Cash. Tekan Tab beberapa kali sampai Out of Balance Rp0,00. 
Tekan Ctrl + R untuk mengetahui jurnal sementara.
Klik Record

Penerimaan kas dari customer, maka caranya :
Pilih fitur Sales -> Receive Payments

Pastikan Account terisi dengan Cash in Bank dan Amount terisi dengan nilai uang yang tertera pada bukti transaksi
Tekan Tab sampai Out of Balance Rp0,00
Untuk Mengetahui  jurnal sementara, tekan Ctrl + R
Klik Record.

Mengentri data penyesuaian
Pilih fitur Account -> Record jurnal entry.

Kemudian isikan jurnal ayat penyesuaiannya.Hanya input akun yang didebet dan kredit serta nilai uangnya.

Melihat laporan keuangan
Pilih fitur Report -> Pilih laporan yang kamu inginkan.

Nah,gampangkan? Selamat mencoba ya

Comments

  1. Pada saat diklik return and credit nota kreditnya gak muncul Apa penyebabnya dan solusinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Software Akuntansi MYOB & Accurate

Mengelola Bukti Transaksi