KETAHUI APA ITU BISNIS DAN TUJUAN NYA!
Anda
ingin memulai bisnis? Anda harus ketahui dulu apa itu bisnis!
Bisnis
merupakan kegiatan untuk menghasilkan sesuatu, baik barang maupun layanan atau
jasa (Ebert & Griffin,2019). Bisnis juga merupakan usaha
perdagangan dengan menjual barang atau layanan kepada konsumen, baik individu
ataupun perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.
Bisnis
dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum,
perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki
badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak
memilki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin
Usaha Perdagangan (SIUP) serta usaha informal lainnya.
Orang
yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung risiko dalam menjalankan
kegiatan bisnis disebut entreprenuer.
Barang
atau layanan dengan karakteristik tertentu yang memberikan kepuasan dan manfaat
disebut dengan produk.
Barang
merupakan produk yang berwujud fisik (tangible) seperti komputer, mobil,
sepeda motor, buku, pakaian, makanan, dan sebagainya.
Layanan
atau jasa merupakan produk yang tidak berwujud (intangible) seperti konsultan,
pendidikan, salon, kursus,dan sebagainya.
Orang yang menerima barang ataupun jasa yang sudah
disediakan oleh perusahaan atau badan usaha disebut dengan konsumen.
Keuntungan
adalah selisih atau perbedaan antara hal yang
didapatkan(revenue/pendapatan) dan hal yang dibayarkan (expenses/beban).
Organisasi Nirlaba (nonprofit organization) merupakan organisasi
bisnis yang menyediakan produk baik barang maupun jasa tetapi tidak bertujuan
untuk mencari keuntungan. Contoh : Palang Merah Indonesia(PMI), gereja, maupun
sekolah.
Menurut
Brown dan Clow (2008),kegiatan bisnis yang harus dilakukan dalam mengembangkan
produk antara lain :
·
Mengidentifikasi kesempatan untuk produk atau layanan
·
Mengevaluasi permintaan produk dan jasa
·
Mendapatkan dana atau modal kerja
·
Mengelola produksi barang atau jasa
·
Memasarkan barang atau jasa
·
Membuat laporan untuk memuaskan permintaan pemerintah dan
memperbaiki proses
Beberapa
kegiatan bisnis harus didukung oleh penelitian pasar. Penelitian pasar merupakan
kegiatan mendapatkan dan menganalisis informasi mengenai kebutuhan, keinginan,
dan preferensi pelanggan di pasar tertentu.
Berikut ini lima indikator keberhasilan bisnis :
1. Kinerja keuangan meliputi laba atau keuntungan yang dicapai dan
produktivitas bisnis tersebut.
2.
Kebutuhan pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan kesadaran
pelanggan terhadap kebutuhan dan keinginannya serta ketepatan waktu.
3.
Kualitas produk dan jasa. Kualitas dan nilai
merupakan fokus kegiatan bisnis saat ini
4.
Inovasi dan kreativitas. Kreativitas merupakan
cara berpikir dan berperilaku yang berbeda dan baru. Inovasi merupakan
pendekatan dan pilihan yang baru sebagai hasil dari kreativitas kegiatan.
Kreativitas dapat mendorong terjadinya inovasi dalam perusahaan yang melakukan
kreativitas tersebut.
5. Komitmen karyawan. Organisasi atau perusahaan yang sehat selalu
memperhatikan waktu dan usahanya dalam menemukan berbagai cara untuk membangun
komitmen karyawan.
Akhir-akhir
ini, kegiatan bisnis di dorong untuk beroperasi sebagai organisasi pembelajar. Organisasi pembelajar merupakan
organisasi yang tidak hanya beradaptasi, melainkan selalu kreatif mencari cara
baru dan lebih baik untuk melakukan kegiatan operasional untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan dan karyawan.
Apa
tujuan dari Bisnis?
Tujuan utama bisnis adalah melayani
kebutuhan pelanggan dan mendapatkan keuntungan atau profit (Madura,2007). Tujuan bisnis tersebut
merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis
yang mereka laukan, serta merupakan cerminan berbagai hasil yang diharapkan
bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran,
sumber daya manusia,keuangan, akuntansi dan sebagainya.
Ada
banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya :
1. Market standing, yaitu penguasaan pasar yang menjadi jaminan
bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan dalam jangka panjang.
2.
Innovation yaitu inovasi
dalam produk serta keahlian. Dalam kata lain, untuk menciptakan nilai tambah dari suatu
produk.
3.
Physical and financial
resources, yaitu penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk
mengembangkan perusahaan yang semakin besar dan pastinya semakin menguntungkan.
4.
Performance and
development, yaitu pencapaian tujuan organisasi dalam bidan operasional.
5.
Worker performance and
attitude, yaitu perusahaan harus memperhatikan pekerjaan karyawan supaya
dapat dikerjakan dengan baik dan dapat meningkatkan keterikatan karyawan
terhadap perusahaan dan pekerjaannya.
6. Public responbility, yaitu tanggung jawab social seperti memajukan
kesejateraan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
Comments
Post a Comment